Pada dasarnya hidup itu adalah tanggung jawab dan timbal balik. Apa yang kita lakukan adalah tanggung jawab kita dan apa yang kita laku...

Keajaiban Yang Tidak Terlihat & Terasa


Pada dasarnya hidup itu adalah tanggung jawab dan timbal balik. Apa yang kita lakukan adalah tanggung jawab kita dan apa yang kita lakukan pun akan berdampak pada diri kita. Apakah itu baik atau buruk, tergantung dari diri kita masing-masing. Orang yang melakukan kebaikan akan mendapatkan kebaikan pula begitupun dengan orang yang melakukan keburukan akan mendapatkan keburukan sesuai dengan yang dilakukannya bahkan lebih.

Terlepas dari itu semua, banyak orang yang tidak mensyukuri hidupnya. Salah satunya mensyukuri keajaiban yang Allah berikan namun tidak terlihat oleh pandangan kita. Hal tersebut bisa terjadi karena kita sering berpikir muluk-muluk dan terlalu jauh dari jangkauan. Dan sebagai contohnya:
# Ketika bisnis kita merugi ratusan juta, namun tahu-tahu dalam hitungan jam kita bisa meraih untung
# Ketika kita berutang miliaran rupiah, namun tanpa disangka-sangka utang kita lunas dalam waktu seminggu
# Ketika kita sakit keras berbulan-bulan, tanpa diduga kita sembuh dalam sehari
# Ketika kita mengalami kecelakaan maut, tanpa diprediksi kita bisa selamat dari tragedi maut tersebut
Peristiwa-peristiwa tersebut adalah keajaiban yang terlihat dan terasa jelas oleh kita. Kita menganggap semuanya tersebut sebagai keajaiban Allah karena kita berhasil keluar dari keterpurukan.

Namun pernahkah kita membayangkan peristiwa yang sebaliknya?
# Ketika bisnis kita tidak mengalami kerugian ratusan juta
# Ketika kita tidak memiliki utang dan tidak pernah berutang miliaran rupiah
# Ketika kita tidak pernah mengalami sakit keras
# Ketika kita tidak pernah mengalami kecelakaan maut
Bukankah hal tersebut merupakaan keajaiban? Namun tidak perah terlihat dan terasa jelas oleh kita. Padahal keajaiban yang tidak pernah terlihat & terasa dengan jelas tersebut selalu kita nikmati setiap detiknya.

Tidak ada kata terlambat untuk bersyukur. Namun sebaknya kita harus bersyukur setiap detik yang kita miliki, Karena dengan bersyukur hidup semakin berarti. Tanpa perlu:
# Tanpa perlu kita menunggu rugi ratusan jutam baru kita mau bersyukur
# Tanpa perlu berutang miliaran rupiah dulu, baru kita mau bersyukur
# Tanpa perlu menunggu sakit keras dulu, baru kemudian kita mau bersyukur
# Tanpa perlu menunggu kita mengalami kecelakaan maut, baru kemudian kita bersyukur.

Kalaupun peristiwa-peristiwa rugi, utang, sakit, kecelakaan terjadi itu adalah teguran Allah agar kita bisa introspeksi diri. Karena merasa ditegur itu lebih baik daripada merasa diuji.

0 komentar: