Setiap mendengar kata kaya, pikiran kita pasti tertuju pada harta. Ya, karena kaya yang akan dibahas kali ini tentang kaya harta. Menja...

Kaya Soleh Sukses Mulia


Setiap mendengar kata kaya, pikiran kita pasti tertuju pada harta. Ya, karena kaya yang akan dibahas kali ini tentang kaya harta. Menjadi orang kaya memang impian setiap orang. Tidak ada bahkan belum pernah saya temukan orang yang mau miskin. Namun dari itu semua ada beberapa pertanyaan dari saya untu Anda semua. Dan Anda bisa jawab sendiri masing-masing.
1. Bolehkah kita kaya?
2, Salahkah kita kaya?

Bolehkah kita kaya? Tentu boleh, selama kita menjadi orang kaya yang soleh dan dermawan. Tidak ada larangan untuk kita menjadi kaya. Dengan kondisi kita yang kaya kita bisa lebih bermanfaat untuk orang lain. Contoh: Kita tidak hanya bisa menunaikan ibadah haji, tetapi juga bisa menghajikan keluarga kita. Kita tidak hanya bisa bersekolah di sekolah favorit, tetapi juga kita bisa membangun sekolah favorit untuk mereka yang kurang mampu. Dan lain sebagainya.

Salahkah jika kita kaya? Jawabannya adalah salah, jika kita menghalalkan segala cara dalam memperolehnya. Contoh kecil, korupsi misalnya. Seperti judul postingan kali ini "Kaya soleh sukses mulia". Jika kita kaya, jadilah orang kaya yang soleh dan sukses dengan cara-cara yang mulia (diridhoi Allah).

Lantas jika kita miskin, itu salah siapa? Jawabannya adalah salah kita sendiri. Sebab manusia sendirilah yang harus mengubah nasibnya. Allah tidak akan merubah nasih suatu kaum sebelum kaum tersebut mengubah nasibnya. Dan tidak ada perintah Allah tentang anjuran untuk menjadi miskin yang ada adalah cara menyikapinya. 
Allah-lah yg menjadikan "tertawa" dan "menangis"
Allah-lah yg menjadikan "kematian" dan "kehidupan"
Allah-lah yg menjadikan "laki-laki" dan "perempuan" 
Allah-lah yg menjadikan "kekayaan" dan "kecukupan"
(QS: An-Najm: 43-48) 

Semua kebaikan bersumber dari Allah dan setiap keburukan bersumber dari manusia itu sendiri. Sebab apa yang kita dapatkan (balasan dariNYA) adalah hukum dari Sebab-Akibat.

Semoga bermanfat 

0 komentar: