Jika gajah mati meninggalkan gading dan harimau mati meninggalkan belang. Apa yang kelak kita tinggalkan? Jadilah manusia yang memberi ...

Bom Waktu Dalam Kehidupan


Jika gajah mati meninggalkan gading dan harimau mati meninggalkan belang. Apa yang kelak kita tinggalkan? Jadilah manusia yang memberi banyak manfaat. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Kita hidup hanya satu kali, tapi manfaat yang kita berikan pada orang lain bisa abadi.

Ketika orang meninggal dunia maka putuslah semua amalnya, kecuali tiga hal yaitu:
1) amal jariyah atau amal kebaikan yang dikerjakan selama hidup, 
2) ilmu yang bermanfaat, yang dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat dan 
3) anak yang sholeh, yang selalu mendoakan kedua orangtuanya. 
Hanya tiga itulah yang pahalanya selalu mengalir bagi mereka yang telah meninggal dunia.

Waktu tak dapat diulang, tidak seperti halnya film-film hollywood yang  bisa memutar balik waktu dengan mesin waktunya. :D Kita hidup di dunia nyata. Dan pada kenyataannya hidup memang satu kali dan waktu terus berjalan dalam kepastian. Nah pertanyaannya, waktu yang kita lewati itu, termasuk Bermakna atau Terbuang sia-sia?

Sekaya apapun kita, kita tidak akan bisa membeli waktu. Dan sepintar apapun kita kita tidak akan bisa mengubah waktu. Jangan habiskan waktu kita untuk hal yang sia-sia. Habiskanlah waktu kita untuk hal yang bermanfaat. Sebab, jika kita bisa melakukan hal bermanfaat dan produktif di masa muda, mengapa harus membuang-buang waktu dan menunggu sukses di usia tua?

0 komentar: