Terkadang kita merasa jengkel dan kesal ketika orang lain memanfaatkan kita. Kita sering merasa orang-orang yang memanfaatkan kita hany...

Tidak Perlu Kesal Dimanfaatkan


Terkadang kita merasa jengkel dan kesal ketika orang lain memanfaatkan kita. Kita sering merasa orang-orang yang memanfaatkan kita hanya mau enaknya sendiri dan memanfaatkan kita demi kepentingan dirinya sendiri. Rasa kesal dan jengkel tersebut adalah luapan dari pikiran-pikiran negatif yang muncul karena kita tidak menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup secara sendiri. Ketika orang lain memanfaatkan kita, ketika itu pula kita menjadi manusia yang bermanfaat baginya. Karena sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat (memberikan manfaat) bagi sesamanya.

Tidak perlu merasa marah, jengkel, dan kesal ketika kita dimanfaatkan orang lain. Justru kita harus bangga sebab kita bisa bermanfaat dan memberikan manfaat bagi mereka. Kita dimanfaatkan karena kita memiliki manfaat. Jika kita tidak memiliki manfaat, tentunya kita tidak akan dimanfaatkan dan hanya seperti barang bekas. Karena lebih baik dimanfaatkan daripada memanfaatkan. Sebab dengan kita dimanfaatkan, kita jauh lebih bermanfaat dan dapat memberikan manfaat. Menjadi yang dibutuhkan tentunya lebih spesial dibanding menjadi yang membutuhkan. Sebab dengan kita dibutuhkan dan dimanfaatkan, kualitas kita telah diakui oleh orang lain sebagai "good person".

Semoga Bermanfaat :)

0 komentar: