Header Ads

ad

Orang Sombong Cenderung Berbohong



Berbohong adalah perbuatan kecil namun berdampak besar bagi hidup kita dan jika tidak segera diselesaikan akan membuat kegelisahan seumur hidup bagi pelakunya. Sama halnya dengan zat adiktif yang dikonsumsi, apabila sekali kita melakukannya maka kebohongan-kebohongan berikutnya akan menjadi kebiasaan seolah menjadi ketagihan dengan berbohong. Pada dasarnya semua orang dilahirkan dengan jujur. Hanya didikkan lingkunganlah yang mempengaruhi kejujuran kita sehingga kita belajar untuk berbohong. 

Sombong adalah sifat yang kita tidak sukai dan sifat itu hanya disukai setan. Semakin orang menyombongkan apa yang dimilikinya kepada kita, semakin kita merasa tidak nyaman dengannya dan semakin kita tidak respect terhadapnya. Orang yang sombong memiliki gengsi yang tinggi, sehingga dia tidak ingin kalah lebih dari orang lain yang melebihinya. Mereka orang-orang sombong cenderung berbohong untuk menutupi gengsinya. Bagi mereka berbohong seakan bukanlah larangan dan pantangan, karena semuanya telah menjadi kebiasaan yang tanpa sadar bisa membinasakan mereka.


Jika kita menjadi orang kaya, jadilah orang kaya yang soleh/a, dermawan, rendah hati dan tidak sombong. Dan hiduplah bukan karena gengsi untuk membanggakan apa yang kita miliki, tapi hiduplah karena kita mau mensyukuri apa yang kita miliki. Sebab hanya dengan bersyukur rezeki kita akan bertambah. Jangan mau menjadi pembohong dan malulah untuk jadi pembohong. Karena sekali berbohong kita akan sulit mendapatkan kepercayaan yang telah kita bangun.

Semoga kita dijauhkan dari sifat sombong.

No comments