Header Ads

ad

Kehilangan Mengajarkan Kita Makna Memiliki


Apa yang kita miliki saat ini belum tentu dapat kita miliki besok. Dan apa yang kita miliki saat ini belum tentu dapat dimiliki orang lain. Hargai dan syukurilah apa yang kita miliki saat ini, sebab bisa jadi ketika kehilangannya kita baru tersadar arti dari memiliki. Setiap penyesalan pasti datang belakangan, dan ketika penyesalan itu telah datang waktu pun tak bisa diulang. Berharga atau tidaknya apa yang kita miliki tergantung kita mensyukurinya. Sesuatu yang tidak berharga akan menjadi sangat berharga ketika kita bisa mensyukuri setiap nilainya. 

Sulit mengendalikan hawa nafsu adalah penyebab kita tidak bisa bersyukur. Ada orang yang sudah memiliki sesuatu yang tidak dimiliki orang lain ingin memiliki yang lebih segalanya dari yang sudah dimilikinya. Padahal diluar sana masih banyak orang-orang yang jauh kurang beruntung darinya. Jika kita tidak bisa mensyukuri apa yang kita miliki saat ini, bisa jadi kita tidak akan mendapatkan yang lebih dari apa yang telah kita miliki.

Karena kita baru akan benar-benar memahami arti memiliki ketika kita merasakan kehilangan. Tapi dari kehilangan tersebut kita bisa belajar keikhlasan. Selama kita mau mensyukuri setiap karuniaNYA dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa hidup.

Mari bersyukur. karena bersyukur akan menjauhkan kita dari penyesalan. :)

No comments