Header Ads

ad

Darimana Pikiran Negatif?


Darimanakah datangnya pikiran negatif? Pikiran negatif datang dari bisikan setan disaat iman kita lemah. Ketika pikiran negatif memasuki pikiran kita, hati kita akan tertutupi olehnya dari pikiran positif dan rasa syukur. Pikiran negatif bisa mendatangi kita dengan mudah ketika kita tidak bisa mengambil hikmah dari setiap ujian dan permasalahan yang kita hadapi, selain itu kurangnya rasa syukur dan selalu melihat ke atas untuk membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain yang lebih juga termasuk penyebab tumbuhnya pikiran negatif. Selain faktor internal ada pun faktor eksternal yang bisa menjadi penyebab semuanya, salah satunya lingkungan. Dimana kita bergaul dan dengan siapa kita bergaul merupakan faktor eksternal yang menjadi penyebabnya. Ketika kita bergaul dengan orang-orang yang tidak pernah bersyukur, hanya saling menyombongkan apa yang mereka miliki, bergaul dengan mereka yang lemah moral karena lemah imannya adalah pengaruh buruk yang bisa mempengaruhi pikiran dan perbuatan kita.

Maraknya tayangan yang menayangkan tindak kriminalitas, sinetron-sinetron yang condong pada hedonisme dan tayangan-tayangan yang berisi keputusasaan serta acara yang tidak berbobot yang sering kita lihat juga bisa menjadi penyebab dari pikiran negatif tersebut. Pikiran negatif pun bisa tumbuh dari rasa penasaran yang berlebih yang tidak bisa kita kontrol. Terlebih rasa penasaran akan orang lain terutama menyangkut kehidupannya. 

Ketika pikiran negatif telah berubah menjadi sebuah kebiasaan, maka akan sangat sulit bagi kita untuk mengubahnya. Because what? Karena kebiasan yang kita lakukan akan mempengaruhi sikap kita baik dalam menentukan pilihan ataupun bersosialisasi. Segera move on dari keburukan kepada kebaikan (dari lingkungan buruk ke lingkungan baik). Tidak perlu menunggu waktu lama untuk move on. Lakukanlah kebiasaan baik, atau kebiasaan buruk akan membinasakanmu. Do it, now or never!

No comments