Hal kecil atau perbuatan sekecil apapun yang kita anggap biasa, jika kita melakukannya secara mengulang terus menerus akan menjadi sebu...

Biasa Karena Terbiasa. Terbiasa Jadi Kebiasaan


Hal kecil atau perbuatan sekecil apapun yang kita anggap biasa, jika kita melakukannya secara mengulang terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan karena kita telah terbiasa melakukannya. Sekecil apapun berbohong, jika kita menganggapnya sebuah hal biasa, lama kelamaan kita akan terbiasa melakukan dan mengulanginya. Dan ketika berbohong telah terbiasa dilakukan, maka akan menjadi kebiasaan yang melekat yang akan mempengaruhi pada diri kita. Ada pepatah mengatakan "bisa karena terbiasa". Kita bisa melakukan seseuatu ketika kita telah terbiasa melakukannya. Suatu hal yang biasa bisa terjadi karena terbiasa dilakukan, Hal yang telah terbiasa dilakukan akan membentuk kebiasaan, dan kebiasaan yang terus menerus dilakukan akan membuat biasa-biasa dalam melakukannya.

Biasa => Terbiasa => Kebiasaan => Biasa-biasa

Mengubah kebiasaan adalah hal yang tidak mudah. Terlebih jika kebiasaan itu adalah kebiasaan buruk. Bisa kita lihat berapa banyak kasus korupsi di negeri ini? Kenapa bisa terjadi sebanyak itu? Selain dari kurangnya ilmu yang berbasis pada iman & taqwa, hal tersebut terjadi karena kebiasaan yang mereka anggap telah terbiasa. Awalnya belum biasa melakukan, lama kelamaan mulai biasa dan terbiasa melakukannya mulai dari ruang lingkup kecil. Lambat laun seiring waktu berjalan, perbuatan tersebut semakin tidak terasa dilakukannya dan kemudian berubah menjadi kebiasaan. Ketika kebiasaan korupsi itu telah terbiasa dilakukannya, maka sangat sulit bagi mereka untuk mengubah kebiasaannya karena iman mereka telah tertutupi dengan kebiasaan buruknya. Sekecil apapun membiasakan kebiasaan buruk, maka akan berdampak besar bagi kita dikemudian hari. Maka dari itu tanamkanlah kebiasaan baik & benar mulai dari sedini mungkin dan dari ruang lingkup terkecil meskipun dimulai dari perbuatan yang kecil.

Lakukanlah kebiasaan baik mulai dari diri sendiri, sekarang, dan jangan ditunda-tunda. 

Semoga bermanfaat :)

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus