Sesulit apa pun ujian hidup kita, bersyukurlah karena masih banyak orang lain yang lebih sulit dari kita. Sikapilah dengan berpikir pos...

Bersyukurlah Walaupun Sulit


Sesulit apa pun ujian hidup kita, bersyukurlah karena masih banyak orang lain yang lebih sulit dari kita. Sikapilah dengan berpikir positif, sebab kita tidak akan tahu apa yang Allah rencanakan bagi kita. Orang yang bisa bersyukur dalam kondisi apapun, baik ketika mendapatkan kemudahan ataupun kesulitan adalah orang yang hebat. Sebab hal itu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang luar biasa (pandai bersyukur). Orang yang tidak bersyukur adalah orang sombong, dan mereka-mereka itulah yang tidak akan bertambah rezekinya. 

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesuangguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kami mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".
(QS. Ibrahim: 7)

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah".
(QS. Al Kautsar: 1-2) 
 
Allah Maha Pemurah dan senang dipuji dan dipinta. Karena cinta kepada Allah itu meminta sedangkan cinta kepada manusia itu memberi. Allah akan memberikan apa yang kita inginkan pada mereka yang selalu meminta kepadaNya. 
 
Sering kita lihat dan dengar orang yang terkadang lupa bersyukur karena menyepelekan dan merasa minder akan pekerjaan ataupun status sosialnya. Kita mungkin pernah mendengar kata-kata:
"Saya hanya karyawan BIASA". Jawaban ini yang saya kurang setuju. Because what? Sebab kata "biasa" itu menunjukkan kurangnya bersyukur. Alangkah lebih baik jika kita menjawabnya dengan "Alhamdulillah, saya seorang karyawan di Perusahan XXX". Jawaban "biasa" itu yang akan membuat pribadi kita menjadi biasa-biasa dan mungkin tidak akan menjadi luar biasa. Sebab dunia ini hanya mengenal mereka-mereka yang luar biasa dan istimewa.
"Saya usaha kecil-kecilan, lumayan lah tambah iseng". Nah jawaban ini juga pasti sering kita dengar. Saya pun sedikit bingung memahaminya. Maksud dari tambah iseng itu kerja untuk main-main atau main-main untuk kerja? Bagaimana mungkin kita ditambahkan rezeki kita pada pekerjaan jika niat kerja kita hanya untuk "Iseng". Saya lebih setuju jika jawabannya "Alhamdulillah saya buka usaha catering kecil-kecilan, mudah-mudahan ke depannya bisa buka cabang dimana-mana. Do'akan saja". Jawaban tersebut selain elegan juga mengingatkan kita pada rasa syukur.
 
Jawaban-jawaban mereka mungkin berniat untuk rendah hati, namun jangan sampai melupakan rasa syukur. Sebab dengan bersyukur rezeki kita akan bertambah. Ketika kita berhasil yang harus kita lakukan adalah bersyukur dan rendah hati. Dan ketika kita bisa menularkan kesuksesan kita pada orang lain, disitulah kita disebut sebagai Sukses sejati. Karena bagi saya, sukses sejati itu adalah ketika kita bisa mensukseskan orang lain. Banyak cara untuk kita bersyukur, tidak hanya berucap tapi juga lewat perbuatan yaitu sedekah. Mari bersyukur. Alhamdulillah.

Semoga bermanfaat.


0 komentar: