Header Ads

ad

Belum Benar-benar Benar


Setiap kebenaran pasti mengandung kebaikan, tapi setiap kebaikan tidak selalu mengandung kebenaran. Karena baik belum tentu benar, tapi benar sudah pasti baik. Selalu sering kali kita dengan mudahnya menyalahkan orang lain karena kekeliruan, kesalahan, ataupun kekhilafannya. Padahal diri kita pun jauh dari kata sempurna tanpa cela. Apa yang kita anggap baik dan salah pun belum tentu benar untuk kita dihadapan Allah. Sangat mudah bagi kita untuk menyalahkan orang lain, tapi sulit bagi kita untuk menerima dan mengakui kesalahan tersebut (yang telah diperbuat). Esensinya kita harus sadar, tidak ada manusia yang sempurna bebas dari kesalahan. Sebab keimanan manusia itu seperti gelombang yang kadang pasang dan kadang surut. Hal itulah yang membuat manusia sering melakukan kesalahan, dan tidak ada manusia yang benar-benar benar (sempurna).

Memang tidak ada yang salah jika kita menyalahkan orang lain, namun hal tersebut adalah kesalahan untuk kita lakukan. Sebab boleh jadi kita pun akan dan bahkan pernah melakukan kesalahan yang setimpal atau mendekati seperti kesalahan yang telah dilakukan orang lain. Sebuah kesia-siaan jika kita hanya bisa menyalahkan orang lain tanpa bisa memberikan solusi untuk kesalahan tersbebut. Sebab hanya dengan saling mengingatkan kita bisa saling menguatkan satu sama lainnya.

Orang bodoh adalah mereka yang selalu menyalahkan tanpa mencari solusi. Orang bijak adalah mereka yang mau belajar dari kesalahannya.

Semoga bermanfaat :)

No comments