Loe gak gaul men! :D Kata-kata tersebut pasti pernah atau bahkan sering kita dengar dari teman-teman kita. Sebenarnya apa sih arti ga...

Salah Kaprah Tentang Gaul



Loe gak gaul men! :D Kata-kata tersebut pasti pernah atau bahkan sering kita dengar dari teman-teman kita. Sebenarnya apa sih arti gaul itu sendiri? Apakah gaul itu identik dengan pernak-pernik atau aksesoris yang melekat pada tubuh kita seperti cincin, kalung, gelang, anting, tato, dll? Apakah jika kita tidak merokok, anti narkoba/drugs/minuman beralkohol termasuk kelompok yang tidak gaul? Sebelum membahas lebih lanjut, kita harus mengetahui definis gaul itu sendiri. Gaul, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya hidup berteman (bersahabat). Jadi bisa kita simpulkan anak gaul adalah anak yang hidup berteman (menjalin pertemanan). Lantas darimana kita mengartikan bahwa anak gaul adalah mereka yang selalu memakai aksesoris atau pernak-pernik yang melekat ditubuhnya? Jawabannya adalah dari trend.

Ada sekelompok anak muda yang beranggapan bahwa jika tidak merokok bukanlah anak gaul. Padahal sudah jelas merokok bisa merusak dan merugikan kesehatan. Ada juga yang beranggapan jika tidak menindik telinganya (khususnya pria) dianggap tidak gaul. Padahal menindik telinga yang asal-asalan bisa menyebabkan tetanus bahkan kematian. Salah kaprah ini terjadi karena tidak adanya filterisasi dalam mengikuti perkembangan trend. Banyak dari kita hanya mengikuti trend karena ingin terlihat beda dari orang lain atau mungkin ingin mencari perhatian dari orang lain. Namun hal tersebut tidak ada gunanya jika kita tidak berilmu & berpendidikan. Percuma gaya kalau otak kosong. :)

Disaat proses pencarian jati diri, seharusnya kita harus lebih selektif dalam memilih lingkungan pergaulan, ditambah dengan melakukan kebiasaan baik. Karena lingkungan dan kebiasaan bisa membentuk karakter kita.  Jadi kalai disimpulkan, anak gaul adalah anak yang bersahabat dengan seseorang atau lebih di dalam masyarakat dan daerah tertentu. Anak gaul tidaklah harus merokok, memakai narkoba, memakai pernak-pernik macam-macam seperti preman. Tetapi anak gaul adalah orang yang bershabat dengan siapa saja dan dimana saja, asalkan yang menjadi sahabat kita bukanlah sampah masyarakat. 

Pesan dari saya, jangan mudah terpengaruh oleh trend. Pilahlah mana yang baik untuk kita dan mana yang buruk untuk kita. Selektiflah dalam mencari lingkungan pergaulan. Gunakanlah sesuatu sesuai fungsinya. Jika ingin memiliki sesuatu, utamakan itu untuk kebutuhan kita jangan karena keinginan kita. Ingat! Hidup itu pilihan. Apa yang kita pilih sekarang adalah penentuan untuk masa yang akan datang. :)

0 komentar: