Header Ads

ad

Hijaukan Rumput Kita



Sering kita dengar pepatah "rumput tetangga lebih hijau daripada rumput kita". Dimana dalam pandangan kita, apa yang dimiliki orang lain selalu lebih baik dibanding apa yang kita miliki. Terlebih kita merasa kurang beruntung dari mereka yang jauh lebih beruntung. Sekedar rasa puas menerima apa yang kita miliki belum tentu dirasakan dengan sebuah keikhlasan. Apa yang dipandang sering terlihat salah, apa yang didengar terdengar membuaikan, apa yang diucap terucap meragukan. Tidak cukup bagi kita untuk menilai mereka (orang lain) hanya dari tampilan luarnya saja. Terkadang penampilan bisa menipu walau semuanya berawal dari penampilan.

Pada kenyataannya, rumput tetangga tidak selalu lebih hijau dari yang kita miliki. Hanya saja kita memandangnya dengan satu sisi yang membuat pandangan kita seakan terlihat indah. Kita tidak akan bahkan tidak pernah tahu apa yang dirasakan orang lain. Kita pun tidak tahu seberapa besar perjuangan mereka dalam menghijaukan rumputnya. Menghijaukan rumput disini dapat diartikan meraih sebuah kesuksesan baik itu kecil ataupun besar. Terkadang kita iri pada mereka, seakan mereka hidup lebih baik dan beruntung dibanding kita. Padahal masih banyak yang kurang beruntung dan memiliki kehidupan yang lebih baik dibanding kita. Apa yang menurut kita baik, belum tentu baik untuk kita. Dan apa yang kita inginkan pun belum tentu kita butuhkan.

Hanya dengan bersyukur menerima pemberian Allah kita akan mendapatkan kebahagiaan. Allah Maha Mengetahui apa yang tidak diketahui makhluknya. Dan DIA selalu memberi apa yang kita butuhkan. Tidak akan ada rasa puas dalam diri kita jika kita terus membanding-bandingkan diri kita dengan mereka yang lebih segalanya dari kita. Kita hanya bisa menjadikannya sebuah motivasi hidup. Harus diingat, apa yang kita miliki belum tentu mereka miliki begitupun sebaliknya. Sebab apa yang kita miliki saat ini adalah apa yang kita butuhkan saat itu juga bahkan untuk masa depan kita.

Hargai hidup kita dengan bersyukur dalam kondisi apapun. Apapun hasilnya, hargailah prosesnya. Jangan hanya menilai sesuatu dari hasilnya saja, tapi lihatlah prosesnya. Sebab tidak ada hasil tanpa tindakan,. No pain no gain. :)

Semoga bermanfaat

No comments