Header Ads

ad

Hidup Kita Hanya Sebentar



Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau bahkan seperti orang yang sekedar lewat (HR. Bukhari). Begitu banyak nikmat dan karunia yang Allah telah berikan kepada kita, hinga kita tidak bisa menghitung jumlah dan nominalnya. Salah satu karunia itu adalah waktu. Waktu merupakan karunia terbesar yang Allah berikan kepada kita. Dan waktu juga adalah karunia yang terkadang tidak kita nikmati. Seberapa besar kita menghargai dan memanfaatkan waktu?

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un (Sesungguhnya segala sesuatu berasal dari Allah SWT dan akan kembali kepadaNya). Oleh karenanya gunakanlah waktu sehat kita untuk beribadah sebelum datang waktu sakit kita, dan gunakan waktu hidup kita untuk beribadah sebelum datang waktu mati kita. 

Harus selalu kita ingat, kita hidup di bumi ini hanya sementara (sesaat) dan kita tidak memiliki apa pun di bumi ini. Yang harus kita lakukan adalah beribadah untuk mendapatkan bekal di akhirat nanti. Dimana ketika kita telah meninggalkan bumi ini (mati) kita harus mempertanggung jawabkan segala perbuatan kita selama hidup di hadapan Allah SWT. 

Tidak ada bedanya kita dengan musafir. Musafir tidak akan berlama-lama tinggal disuatu tempat. Dia akan berpindah ke tempat lain, tempat yang ditujunya. Begitupun dengan hidup kita di dunia. Kita akan pindah dari alam ruh ke alam barzah. Ingatlah, kematian selalu mengikuti kita. Maka carilah bekal sebanyak-banyaknya untuk kita nanti di akhirat.

Dari ulasan di atas, marilah kita gunakan waktu kita untuk hal yang baik & benar (beribadah). Jangan menunda-nunda untuk bertaubat, sebab kita tidak akan tahu kapan kita mati. Lakukanlah amal soleh, dan hiduplah seolah-olah hari ini adalah hari terakhir kita hidup. Karena dengan begitu kita akan terus mengingat mati agar kita bisa terus mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya.

“Barangsiapa yang mengerjakan amal soleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguh-nya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS: An-Nahl: 97)

Semoga bermanfaat :)

No comments