Header Ads

ad

Dewasa Karena Permasalahan



Setiap manusia pasti memiliki beragam permasalahan dalam hidupnya. Kesulitan merupakan permasalahan yang sering kita temui dan dialami. Bagi sebagian orang permasalahan tersebut hadir sebagai ujian, namun bagi sebagian lagi permasalahan itu hadir justru sebagai sebuah petaka. Orang beriman menganggap semua permasalahan yang menghampirinya sebagai sebuah ujian. Sedangkan orang yang tidak beriman menganggap permasalahan tersebut sebagai malapetaka. Perlu direnungan, susah-mudahnya permasalahan yang kita hadapi, tidak tergantung pada besar-kecilnya permasalahan itu sendiri. Tetapi lebih tergantung pada sikap kita dalam menghadapi permasalahan tersebut. Cara kita menyikapi suatu permasalahan tersebut akan menentukan kualitas kita.

Ketika seseorang berhasil menyelesaikan permasalahannya, maka kualitas orang tersebut akan bertambah. Orang yang optimis akan melihat suatu permasalahan sebagai ujian kualitas dirinya. Karenanya diperlukan rasa syukur, qonaah, berpikir positif, dan mental yang kuat untuk menghadapi permasalahan yang kita hadapi. Poin-poin tersebutlah yang akan mengantarkan diri kita menjadi lebih memahami makna dari permasalahan yang datang. Berbeda dengan orang yang pesimis. Dia akan selalu mengkambinghitamkan setiap permasalahan yang dia hadapi. Dan ketika itu terjadi, bukan rasa syukur, qonaah, dan mental yang tangguh yang dia dapatkan. Tetapi krisis kepercayaan diri, mental yang rapuh, dan pikiran negatiflah yang akan tumbuh ketika para pesimistis mulai mengkambinghitamkan permasalahan.

Dengan adanya permasalahan hidup, kita bisa belajar untuk melangkah ke depan dengan lebih baik lagi dan bisa mendewasakan diri kita jika kita mampu menyikapinya dengan bijak. Dibutuhkan kesabaran, keikhlasan, dan keyakinan hati dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang kita hadapi. Jadilah pribadi yang berkualitas yang mampu menghadapi permasalahan ataupun menjadi solusi dari permasalahan itu sendiri. Dan jangan menjadi pribadi yang merasasa naas ketika permasalahan datang menghampiri. Dibutuhkan kedewasaan dalam menyikapi dan menghadapi setiap permasalahan. Sebab permasalahan itu sendirilah yang akan mendewasakan kita, selama kita mau menyikapinya dengan bijak sesuai poin-poin orang yang optimis. 

Semoga bermanfaat :)

No comments