Header Ads

ad

Usaha Tanpa Doa Adalah Kesombongan, Doa Tanpa Usaha Adalah Kesia-siaan


Seringkali entah berapa banyak kita bermimpi akan apa yang kita harapkan (kesuksesan). Bahkan, mimpi kita yang terlalu jauh atau impian kita yang terlalu banyak, membuat kita bingung merealisasikan dan memprioritaskannya. Suatu ketika ada orang sukses (terlihat dari apa yang mereka punya) lalu kita berpikir bahwa dia sukses karena kerja kerasnya. Secara logika memang benar. Namun apakah kita selalu berpikir bahwa kesuksesan seseorang tidak akan berbuah jika tidak disertai doa dan tawakal?

Sesuai judul postingan kali ini, usaha tanpa doa adalah kesombongan dan doa tanpa usaha adalah kesia-siaan. Ketika kita berusaha semaksimal mungkin untuk meraih kesuksesan tetapi kita lupa tidak berdoa (meminta) adalah kesombongan. Sebab harus diingat, dari manakah datangnya kesuksesan jika tidak dari Allah Maha Pemberi Rezeki. Dan jika pun kita hanya berdoa tanpa berusaha adalah kebodohan dan kesia-siaan. Sebab “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11. 

Dalam mewujudkan impian kita butuh keduanya (doa & usaha) diakhiri dengan tawakal (berserah diri pada Allah). Sebab doa & usaha adalah modal kita. Seperti kita memancing, kita butuh mata kail dan umpan. Jika kita ibaratkan, doa adalah mata kailny sedangkan usaha adalah umpan kita. Jika kita ingin mendapatkan ikan salmon tentunya kita tidak bisa menggunakan mata kail biasa dengan umpan seekor cacing, bukan? Begitupun dengan kesuksesan. Jika kita ingin mendapatkan kesuksesan yang besar, doa dan usaha pun harus sebanding dengan apa yang kita inginkan. 

Doa dan usaha adalah modal kita, tinggal bagaimana kita membuat keduanya menjadi berkualitas. Untuk hasilnya bertawakal saja. Sebab Allah Maha Mengetahui dan sering kali apa yang kita inginkan pun belum tentu kita butuhkan dan bermanfaat. :)

Semoga bermanfaat

6 comments:

  1. Memang sekalian kita harus melakukan usaha dan doa dalam menggapai harapan, tetapi apapun hasil yang diberikan Tuhan kita harus meletakkan pada posisi yang benar, agar kita lulus dalam ujiannya.

    ReplyDelete
  2. Modal 100 ribu untung 10 juta
    Dengan percaya diri dan tak ada yang tak bisa alhamdulillah saya berhasil meraih keuntungan puluhan juta hanya dalam 1 minggu karena saya berani dan percaya. Jika anda masih tetap diam dan hanya menunggu gaji bulanan apakah itu cukup untuk kehidupan anda kedepan mungkin saat ini cukup karena harga-harga masih murah jika sudah mahal cukupkah gaji anda. Ingat orang yang kaya itu karena berani dan tak takut akan resika. Saya tidak memaksa anda untuk bergabung karena semua kembali pada anda.
    Untuk info lebih lanjut hubungi
    082 166 643 133 (M.rasyid)
    Untuk Refrensi Pendaftaran (Sponsor)
    http://www.okeyprofits.com/register.php?ref=mrasyid
    Refrensi blog:
    http://www.okeynotes.com/blogs/172925/1004/okeyprofits-wujudkan-mimpi-anda
    Gabung menjadi referral saya. Bonus Tambah saldo Deposit 20% Untuk Modal Penyertaan min: 100 USD untuk anda
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wOKEYNOTES

    ReplyDelete
  3. Ud'uni.. Fastajib lakum... ( berdoalah maka akan aq kabulkan ) jgn pernah berhenti berharap karena tuhan tau kapan waktu yg tepat untuk newujudkan. Jgn pernah takut untuk berharap karena kemampuan yg tak seberapa. Allah maha kaya. Kalau mau meminta pasti akan diberi. Tapi ingat... Asalkan berdoa dan berharap dg niat yg baik demi menegakkan agama allah..

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum. Salam sejahtera semuanya.
    “Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan hutangnya hingga dia melunasinya.”
    “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.”
    Ya benar Hutang wajib dibayar, lalu bagaimana dengan kondisi seseorang yang lagi berhutang tapi sangat sulit untuk membayar. Ikhtiar sudah, naik gunung turun gunung, Doa sudah, puasa sudah, tahajud sudah, dhuha sudah, tapi kok seolah olah tidak ada jawaban dari sang maha pencipta. Inget, JANJI ALLAH ITU PASTI!!!!.. Sangking mumetnya nyoba masang togel bermimpi dapat ratusan juta sampai milyaran rupiah. Tapi yakin lah di setiap perjuangan dan doa ada waktu yang dijanjikan Oleh ALLAH , nah ini tergantung manusianya, sabar atau tidak, iklas atau tidak, tawaqqal atau tidak. Dalam perjalanan menuju usaha tersebut banyak sekali cobaan, halangan, rintangan. Satu kata Berpikir jernih, Istiqomah! Coba anda renungkan kenapa ya kok gagal melulu, kok apes terus.. ? ada “something’’ yang terlewatkan. Coba disimak ulasan dibawah ini, semoga menjadi hidayah dan tips untuk berpikir maju.!


    Orang yg paling buruk untuk dilayani adalah POOR PEOPLE". Dikasih gratis, dipikir mau nipu. Dikasih tau ttg investasi nya kecil, bilangnya hasilnya kecil. Dikasih yg invest nya besar, eh bilangnya ga ada uang.. Dikasih tau untuk coba hal baru, bilang nya tdk punya pengalaman. Dikasih tau bisnis tradisional, dibilang susah. Dikasih tau model bisnis baru, dibilang MLM. Dikasi tau buka toko, dibilang ga bebas. Dikasih tau buka bisnis, bilangnya ga ada pengalaman Poor people punya kesamaan.. Mereka suka bertanya ke google. Mendengarkan teman yg sama susahnya dgn mereka. Mereka berpikir lebih banyak dari profesor dan bertindak lebih sedikit dari orang buta. Coba tanya mereka, "apa yg bisa mereka lakukan" Mereka tidak akan bisa menjawab..
    Curhat melegakan hati dan pikiran
    Sharing menambah wawasan
    By.suryaprtama099@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Ya, dasar kita dalam kesuksesan adalah berdoa, berusaha, dan berikhtiar.

    Terima kasih untuk artikelnya. Membuat kami semakin yakin bahwa berjualan buku tidak hanya mengenalkan judul buku. Tetapi dapat membantu memberikan manfaat bagi konsumen yang membaca buku itu.

    honbookstore.com

    ReplyDelete
  6. Yap bener,,, segala yg trjadi adalah dalam sandiwaranya,,, tugas kita hanya berusaha dan berdoa, tapi hasilnya kita kembalikan kpada sang pemberi.
    Sukses slalu ya....
    www.narno-24.blogspot.co.id

    ReplyDelete