Semua orang pasti memiliki tujuan dan impian dalam hidupnya. Namun tujuan & impian tersebut hanya akan menjadi wacana jika tanpa dor...

Motivasi Bisa Mengalahkan Rasa Malas


Semua orang pasti memiliki tujuan dan impian dalam hidupnya. Namun tujuan & impian tersebut hanya akan menjadi wacana jika tanpa dorongan motivasi dan aksi. Setiap orang memiliki impian namun tidak setiap orang memiliki motivasi untuk merealisasikannya. Bagi mereka yang tidak merealisasikannya, impian itu hanya akan menjadi wacana dan agenda. Sedangkan bagi mereka yang merealisasikannya akan mendapatkan ilmu dari pengalaman dan hasil tentunya.

Setiap orang melakukan sesuatu pasti ada motivasinya tersendiri. Dan setiap orang memiliki motivasi karena punya kebutuhan. Oleh karena itu orang yang tidak memiliki motivasi adalah mereka yang malas. Orang malas tidak memiliki motivasi karena mereka tidak memiliki tujuan dalam hidupnya.

Seseorang bisa mengalahkan rasa malasnya jika mereka memiliki motivasi. Sebagai contoh: Seorang pemain bola memiliki motivasi menang untuk timnya (mengalahkan lawannya). Tujuan (goal) mereka adalah memasukan bola ke gawang lawan. Untuk mencetak gol, dibutuhkan kerja sama tim dan skill individu untuk melewati hadangan dari lawannya. Mereka melakukan semuanya tentu karena ada motivasi bukan?

Begitupun dengan hidup kita, yang harus memiliki motivasi dan tujuan. Contoh lain seseorang melakukan sesuatu karena ada motivasi adalah:
- Orang yang melakukan sesuatu karena ada iming-iming hadiah
Contohnya: Ketika dosen mengumumkan bahwa, siapa yang masuk kuliah besok akan mendapat nilai A. Tentunya dengan hal ini jadi banyak mahasiswa yang masuk karena mereka akan menapat nilai A.
- Orang yang melakukan sesuatu karena akan mendapat hukuman jika tidak melaksanakannya
Contohnya: Ketika dosen mengumumkan bahwa, siapa yang tidak masuk kuliah besok akan mendapat nilai E. Tentunya hal ini juga akan membuat banyak mahasiswa yang masuk karena takut mendapat nilai E.

Tidak ada yang salah dengan pilihan tadi. Yang salah adalah jika kita terus saling menyalahkan dan tidak memiliki motivasi & tujuan. :)

0 komentar: