Assalamua'laikum? Semangat sore. :) Menjadi orang baik memang sulit, tetapi lebih baik menjadi orang baik meskipun itu sulit. :) ...

Without Start, You'll Never Finish (Kebaikan Jangan Terabaikan)



Assalamua'laikum? Semangat sore. :)
Menjadi orang baik memang sulit, tetapi lebih baik menjadi orang baik meskipun itu sulit. :) 
Berbuat baik memang akan membuat kita tenang dan merasa diri kita bisa berguna bagi orang lain. Namun tentunya jika hal itu dilakukan dengan ikhlas tanpa ada embel-embel kepentingan lain, contoh pencitraan. Banyak dari kita yang merasa curiga ketika orang lain berbuat baik, baik kepada mereka ataupun kepada orang lain. Dan hal ini terjadi karena banyaknya orang yang berbuat khianat yang mereka anggap hal itu adalah biasa, kemudian lambat laun menjadi kebiasaan, dan kini seolah mereka terbiasa melakukan tanpa mempedulikan dampak dari perbuatan mereka (dosa). 

Orang yang berbuat baik tidak selalu harus kita sudutkan dan curigai. Justru sifat tersebutlah yang harus kita tiru dan jadikan contoh disaat kebaikan mulai terabaikan. Berpikirlah positif dan terbuka, jangan beranggapan jika orang lain berbuat baik kepada kita karena ada kepentingan atau ada maunya. Kalau pun memang begitu, berbuat baiklah dengan ikhlas. Sebab lebih baik menjadi orang yang dibutuhkan daripada yang diinginkan dan lebih baik menjadi orang yang selalu siap membantu daripada menjadi orang yang selalu minta dibantu. Itu jauh lebih mulia :)

So, Jika kita ingin berbuat baik, lakukanlah dengan ikhlas dengan didasari kebenaran. Dan lakukan itu dari hal yang kecil dan ruang lingkup kecil (keluarga). Jangan gengsi berbuat baik jika untuk kebenaran. Sebab jika itu terjadi, maka kita sama halnya dengan orang munafik. Dan ketika kebenaran terkalahkan kemunafikkan, cepat atau lambat kita pun akan tenggelam dalam kebodohan. :)

0 komentar: