Header Ads

ad

Mengalah Bukan Untuk Menang


Setiap orang pasti menginginkan kemenangan dan tidak mengharapkan kekalahan. Sebab bagi sebagian orang kekalahan adalah hal yang menyakitkan bahkan memalukan. Terlebih jika kekalahan itu tidak bisa kita terima dengan lapang dada meskipun pada kenyataannya takdir menunjukkan seperti itu. Menang dan kalah itu takdir, kita tidak bisa menentukan menang ataupun kalah sebab yang hanya bisa kita lakukan adalah berusaha sebaik dan semaksimal mungkin. 

Berbicara soal kekalahan, hampir semua orang tahu dengan peribahasa “mengalah untuk menang”. Pertanyaan dari saya “Apakah untuk mencapai kemenangan harus dengan mengalah?” “Dan apakah orang yang benar harus mengalah kepada mereka yang salah, demi mendapatkan sebuah kemenangan?”.

Saya sangat tidak setuju dengan peribahasa tersebut. Bagaimana dengan Anda? Tentunya setiap orang mempunyai kebebasan berpikir dan berpendapat tentang hal-hal yang mengusiknya. Tetapi dalam konteks ini saya lebih setuju dengan peribahasa “mengalah karena salah, jujur karena benar”. Mengalah karena salah bisa terjadi disaat kita melakukan kesalahan dan kita mengalah dalam artian mau mengakui kesalahan tersebut. Sedangkan jujur karena benar bisa terjadi jika kita merasa apa yang kita lakukan benar dan tidak menyimpang dari agama, kejujuran pun akan timbul dengan menumbuhkan keberanian. Selain itu, kejujuran bisa menghasilkan kemenangan, kemenangan akan mengalahkan segalah bentuk keraguan yang akan membentuk kebohongan.

Semua argument ataupun pemahaman tergantung bagaimana kita bisa menerima dan memahaminya. Setiap orang boleh berhak menilai tapi tidak berhak untuk menghakimi. J

No comments