Header Ads

ad

Memberi (Memiliki), Mencari (Belum Memiliki)




Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Pepatah tersebut memang pernah kita dengar atau bahkan sering kita dengar. Tetapi, apakah hanya didengar saja? Tanpa dilakukan? Pepatah tersebut mengajarkan bahwa memberi adalah hal yang jauh lebih baik diandingkan meminta. Sebab dengan memeberi berarti kita sudah memiliki, sedangkan dengan meminta kita pasti belum memiliki.

Tidak sedikit orang yang sibuk mencari apa yang belum dia miliki sehigga dia lupa untuk bersyukur pada apa yang telah dia miliki. Memang tidak ada larangan untuk mencari apa yang belum kita miliki. Namun jika hal itu bisa melupakam rasa syukur jelas hal terebut jadi larangan untuk kita.

Bagaimana dengan memberi? Lebih banyak mana antara mencari dengan memberi? Jawabannya hanya Allah yang tahu. :) Salah satu hal yang membuat orang sedikit enggan untuk meemberi adalah takut kekurangan. Secara matematis manusia, memang jika kita meberikan sesuatu kepada orang lain, apa yang kita miliki saat itu akan berkurang. Sebagai contoh: jika kita punya uang 100.000 kemudian kita berikan kepada orang yang membutuhkan (sedekah), secara kasat mata memang berkurang bahkan habis uang kita. Namun percayalah, matematika Allah sangatlah adil. Jika kita ingin memberi, memberilah dengan ikhlas tanpa harus berpikir bagaimana caranya untuk mengganti apa yang telah kita berikan. Karena jika kita memikirkan hal terebut hanya akan menambah beban pikiran. Sesuai dengan penjelasan di atas bahwa dengan memberi kita pasti sudah memiliki.

Banyak orang ingin mencari kebahagiaan. Namun apakah kebahagiaan bisa dicari? Jika bisa, bentuk kebahagiaan yang seperti apa yang dicari? Kebahagiaan bukanlah hal yang harus kita cari, melainkan harus kita jemput. Setelah kita jemput maka kita pun bisa membagikan kebahagiaan tersebut. Lalu bagaimana cara menjemput kebahagiaan tersebut? Jawabannya adalah dengan cara bersyukur. Ketika kita memiliki rezeki yang telah Allah bagikan kepada masing-masing individu, tugas kita adalah mensyukurinya. Karena setelah kita mensyukurinya, akan terasa lengkap hidup kita. Dan tentunya kita bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain setelah kita mendapatkan kebahagiaan tersebut bukan?

So, masih sibuk mencari? Atau Memberi? :) Yang pasti lebih baik memberi. Jika kita ingin diberi maka kita pun harus memberi. Sebab hidup adalah tanggung jawab dan timbal balik. :)

No comments