Seberapa sering Anda menemui kegagalan? Setiap orang tentunya sudah pernah merasakan kegagalan, meskipun kegagalan itu sendiri adalah ha...

Kegagalan Bukanlah Kesia-siaan


Seberapa sering Anda menemui kegagalan? Setiap orang tentunya sudah pernah merasakan kegagalan, meskipun kegagalan itu sendiri adalah hal yang menyakitkan dan tidak diharapkan. Namun kegagalan bukanlah kesia-siaan jika kita telah berusaha dan mau mengambil pelajaran dari kegagalan-kegagalan yang telah kita alami.
Mungkin bagi sebagian orang, kegagalan adalah kesia-siaan karena segala usaha dan upaya yang mereka lakukan tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Usaha yang telah mereka lakukan seakan tidak berguna ketika menemui kegagalan, seolah lebih baik tidak melakukan suatu tindakan daripada harus menemui kegagalan. Namun hal itu adalah cara pandang orang-orang bodoh yang telah dikendalikan oleh rasa malas dan pikiran negatif. Sebab kita (manusia) diwajibkan dan hanya bisa berusaha dan berdoa untuk mendapatkan apa yang kita inginkan (cita-cita). Kegagalan hanyalah cara lain untuk kita agar bisa menemukan titik terang dengan cara mau belajar dari kesalahan tersebut.
Orang gagal bukanlah orang bodoh, bukan pula orang yang tidak berilmu, sebab tidak ada kesuksesan jika tidak ada kegagalan. Karena kesuksesan adalah kegagalan yang bisa diatasi. Kebanyakan dari kita lebih takut menemui kegagalan disbanding kematian, padahal kematian jelas-jelas lebih dekat dengan kita.
So, jangan pernah takut gagal, tapi takutlah jika kita tidak lagi memiliki kemauan untuk belajar dari kegagalan. Berpikir positif dan lawanlah rasa malas jika kita tidak ingin menjadi orang bodoh yang selalu dihantui pikiran negatif dan rasa malas.
“bangkitkan kemauanmu, maka kemampuan akan kamu dapati” J

0 komentar: