Pada esensinya kejujuran memiliki nilai yang luhur dan mulia. Namun entah kenapa seiring bertambahnya waktu, nilai kejujuran itu sendiri...

Sebuah Kejujuran Yang Menghilang


Pada esensinya kejujuran memiliki nilai yang luhur dan mulia. Namun entah kenapa seiring bertambahnya waktu, nilai kejujuran itu sendiri semakin pudar dan hampir tidak kita temukan. Dulu orang bijak berkata "Berani karena benar & takut karena salah", namun sekarang berubah menjadi "Berani karena ada yang mendukung dan takut karena kurang dukungan". :D Jika memang apa yang kita perbuat dilakukan dengan jujur kenapa harus malu dan takut? Bukankah orang penakut adalah orang yang tidak berani berkata jujur? :)

Memang butuh waktu untuk belajar arti dari sebuah nilai kejujuran, dan waktu untuk belajar itu adalah ketika kita kecil. Kebaikan bisa menjadi kebiasaan jika  kita telah terbiasa melakukannya dalam hal kecil. Sebab suatu hal kecil yang kita lakukan namun bermanfaat bagi banyak orang jauh lebih baik dan berguna dibanding hal besar yang kita lakukan namun sama sekali tidak bermanfaat untuk banyak orang. :)

Jika kita harus takut pada kejujuran, pada saat itu juga jangan berharap kalian ingin disebut sebagai orang yang jujur & berani. Kita tidak boleh takut kehilangan kebohongan, tapi kita perlu takut jika harus kehilangan kejujuran. Jujurlah dari diri sendiri tanpa ada paksaan & tekanan dari pihak lain serta hal yang paling terpenting adalah berbuat jujurlah tanpa pamrih. Sebab kejujuran tidak akan bisa dibeli dengan nominal yang tinggi sekalipun. :)


0 komentar: