Header Ads

ad

Kita Bukan Manusia Purba!

Di era informasi sekarang ini, perkembangan teknologi begitu pesat. Sehingga sadar atau tidak disadari ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang masih tertinggal baik dalam segi informasi, teknologi, attitude, mindset dan lain sebagainya. Bagi yang tertinggal dalam segi informasi dan tenologi mungkin masih bisa dikejar dan relatif mudah terkejar dalam waktu singkat. Namun bagi yang tertinggal dalam mindset dan attitude akan sulit diubah, karena untuk mengubahnya membutuhkan waktu yang tidak singkat. Attitude terbentuk karena kebiasaan, dan cara untuk mengubah kebiasaan adalah hal cukup sulit dan membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk melakukannya. Sedangkan mindset terbentuk dari pola pikir kita.

Lalu, apa hubungannya dengan manusia purba?. Manusia purba adalah mereka yang masih tertinggal dalam segi attitude & mindset. Kenapa mereka masih ada dizaman sekarang? Bukankah mereka telah musnah?. Jawabannya masih ada. Mereka (manusia purba) adalah orang-orang yang selalu melakukan segala halnya dengan emosi dan mereka (manusia purba) berpedoman pada hukum rimba. Mereka selalu menyelesaikan masalah dengan kekerasan dan mereka akan melakukan segala halnya dengan memanfaatkan kekuatan mereka untuk bertindak sewenang-wenang. Berpedoman pada hukum rimba "yang kuat akan bertahan hidup dan yang lemah akan mati" membuat mereka ingin menunjukkan & membuktikan bahwa mereka KUAT dan layak DITAKUTI & DISEGANI. Apapun permasalahannya, mereka tidak bisa menyelesaikan masalah selain dengan emosi (Kekerasan) dan hal ini membuat mereka selalu menindas & tidak melindungi yang lemah.

Perlu digarisbawahi bahwa untuk menyelesaikan permasalahan tidak harus menggunakan cara yang sama, karena beda masalah beda pula solusinya. Jika kita hanya bisa mengatasi masalah dengan emosi (kekerasan), maka kita masih menjadi manusia purba yang selalu dijajah emosi. Jadilah manusia seutuhnya! Karena segala sesuatu yang diselesaikan dengan emosi hanya akan menambah panjang permasalahan. Change your attitude and your mindset!

No comments