Dalam setiap pilihan pasti terdapat sebab dan akibat yang tidak bisa kita ketahui sebelumnya. Ya, disetiap pilihan pasti ada penyebab kenap...

Kegagalan Bukanlah Aib

Dalam setiap pilihan pasti terdapat sebab dan akibat yang tidak bisa kita ketahui sebelumnya. Ya, disetiap pilihan pasti ada penyebab kenapa kita memilih pilihan A atau B dan kemudian ada akibat jika kita memilih pilihan A atau B. Tidak ada yang mengetahui secara pasti akibat dari pilihan yang kita pilih. Kita hanya bisa memprediksi akibat dari pilihan tersebut.

Pilihan adalah cara kita dalam melakukan suatu hal, sedangkan akibat dari pilihan adalah keberhasilan atau kegagalan. Tanpa harus kita tanya pastinya semua orang selalu menginginkan keberhasilan tanpa menginginkan kegagalan. Banyak orang takut, trauma, atau bahkan malu jika mendapat kegagalan. Lalu:
1. Kenapa kita harus takut dengan kegagalan dibanding dengan kematian yang jelas-jelas dekat dengan kita. :)
2. Kenapa kita harus trauma dengan kegagalan, jika kita ingin keberhasilan? 
3. Kenapa kita harus malu dengan kegagalan, jika kita memang belum memiliki banyak pengalaman?

Kegagalan bukanlah hal yang harus ditakuti tetapi kegagalan adalah hal yang harus kita pelajari. Karena tentunya tanpa kegagalan, kita tidak akan pernah mencoba hal baru dan belajar menuju berhasil. Semakin banyak kita mendapatkan kegagalan, maka semakin banyak ilmu yang kita dapat untuk menuju keberhasilan. Kuncinya adalah jangan mudah menyerah dan jangan malu untuk belajar dari kegagalan orang lain ataupun kegagalan kita sendiri. Bangkitlah! :)

"Hidup itu seperti perang. harus siap menang & terima kalah"

"Menang bukan karena curang, kalah pun tidak menjadi marah & masalah"


Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca ketikkan ini. Semoga bermanfaat :)

0 komentar: