Header Ads

ad

Putus Asa Bisa Memutus Harapan

Seseorang yang memiliki kemauan & kemampuan pasti selalu ingin berusaha membuktikan kapasitasnya baik kepada dirinya sendiri ataupun kepada orang lain. Bahkan setiap hari sebagian dari mereka menyibukan diri untuk mengoptimalkan kemampuan mereka dengan mengevaluasi kekurangan mereka. Namun, tidak semua orang yang memilki kemauan & kemampuan punya kesempatan untuk membuktikan potensi atau kapasitasnya. Terkadang mereka harus berjuang susah payah untuk mendapatkan kesempatan itu, walaupun tidak sedikit yang gagal.

Pada saat mengalami GAGAL itulah mereka diuji sejauh mana kemauan dan kemampuan mereka. Sebab tanpa adanya kegagalan, mereka tidak akan mungkin mengevaluasi kekurangan yang ada pada diri mereka. Namun perlu disadari orang yang bekerja secara ulet, teliti, dan rajin sekalipun pasti pernah mengalami kegagalan yang dikarenakan oleh KESALAHAN mereka. Hal itu menunjukkan bahwa kita sebagai manuia tidak ada yang sempurna dan jalan hidup kita tidak akan selamanya senang. Kadang senang berganti dengan duka. Karena hal itu sudah diatur oleh Allah.

Ketika sebagian dari mereka berhasil mengatasi kesalahan & kekurangannya, maka secara otomatis kemampuan/kapasitas mereka pun akan bertambah. Sebaliknya jika mereka gagal maka ada 2 kemungkinan yang akan terjadi pada mereka. yaitu:
1. Tetap tenang. Dalam artian mereka sabar dan ikhlas menerima kenyataan bahwa mereka harus mengalami KEGAGALAN. Hal ini bisa dilakukan bagi mereka yang SADAR akan kapasitas mereka dan memiliki pemikiran positif pada dirinya.
2. Putus asa. Dalam artian mereka sudah tidak percaya lagi pada keajaiban Allah. Seolah harapan mereka sudah terhapus oleh keputus asaan. Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak bisa menerima kenyataan yang terjadi pada diri mereka. Satu penyebabnya adalah karena mereka terlalu berpikir jauh sehingga mengundang cara Berpikir NEGATIF.

Dari uraian diatas, semoga kita bisa mengambil hikmahnya. Bahwa hidup itu tidak selamanya indah, karena hidup itu seperti roda yang terus berputar. Dan kita harus sadar diri dan selalu berpikir positif pada apa yang telah Allah takdirkan pada kita. Sebab apa yang DIA berikan adalah yang terbaik untuk kita.

Putus asa hanya akan menjadikan diri kita menjadi pribadi yang tidak berguna dan tidak percaya pada keajaiban Allah. Ingatlah kata pepatah "Habis Akal, Maka Tawakal" :)

Semoga ketikkan diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca motivaksi semua. :)

No comments