Header Ads

ad

Perlukah Ilmu?

Pada era informasi dan zaman sekarang ini, pendidikan merupakan suatu tuntutan dan keharusan yang harus ditempuh oleh seseorang. Tak heran jika sekarang banyak orang menempuh sekolah tinggi. Pertanyaannya apakah itu karena Keterpaksaan? Tuntutan? Mencari Gelar? Atau Keinginan tersendiri?

Salah satu alasan tuntutan sekolah dizaman sekarang adalah untuk "Mencari Gelar", karena bukan tidak mungkin tanpa gelar kita akan sulit dipandang diakui, dan disorot oleh orang lain ataupun pekerjaan. Namun itu semua bukanlah patokan dalam menilai seseorang. Sebab orang yang berpendidikan tinggi tidak menjamin perilakunya Berpendidikan.

Bisa kita lihat, tidak sedikit orang yang berpendidikan merasa sombong, merasa pintar, dan merasa hebat. Sedangkan dengan ilmu yang mereka miliki, mereka bisa semena-mena membodohi orang lain, memandang remeh orang lain, dan merasa dirinya paling pintar. Namun sekali lagi, pribadi yang demikian itu terbentuk akibat Ilmu tidak dibarengi oleh Iman yang kuat. Sejatinya ilmu akan bermanfaat jika kita amalkan. 

Seseorang yang tidak sekolah bukan berarti dia Bodoh bahkan hina, mungkin saja mereka lebbih pintar dari kita bahkan perilakunya lebih berpendidikan daripada kita yang bersekolah, hanya nasib mereka yang berbeda. 

Hikmah yang bisa kita ambil adalah Ilmu bisa dicari dari siapa dan dimana saja, dan ilmu itu sendiri akan angat bermanfaat jika kita amalkan. Dan tidak semua orang pintar itu berpendidikan, karena ilmu yang banyak akan sia-sia jika tidak dibarengi akhlak yang baik.

Ilmu itu lebih baik daripada harta. ilmu itu akan menjagamu, sedangkan harta: engkaulah yang menjaganya. ilmu itu semakin berkembang dengan diinfakkan, sedangkan harta: akan berkurang jika dinafkahkan. Ilmu adalah yang mengaturmu, sedangkan harta: engkau yang akan mengaturnya.

No comments