Pada dasarnya manusia butuh penghargaan. Setiap manusia membutuhkan penghargaan karena masing-masing individunya memiliki nilai. Siapapun o...

Menghargai atau Dihargai?

Pada dasarnya manusia butuh penghargaan. Setiap manusia membutuhkan penghargaan karena masing-masing individunya memiliki nilai. Siapapun orangnya, mulai dari yang memiliki kedudukan tertinggi sampai yang terendah, butuh dihargai. Tetapi kebanyakan manusia lebih ingin dihargai daripada menghargai, dan lebih ingin dipahami daripada memahami.

Menghargai itu lebih baik (mulia) daripada dihargai. Sebab hidup itu seperti cermin. Jika ingin dihargai maka kita pun harus belajar menghargai. So, mulai dari sekarang belajarlah menghargai orang lain tanpa memandang status dan pekerjaannya. Karena kita semua sama kedudukannya, yang membedakan hanyalah ketaqwaan kita kepada Allah. Bisa jadi orang yang kedudukannya rendah dan kurang kita hargai, kedudukannya lebih mulia dihadapan Allah dibanding kita.

Mulailah dari detik ini belajar menghargai orang lain dengan cara yang paling mudah, yaitu memberikan senyuman yang tulus kepada mereka yang sering kita remehkan. Tunjukkan penghargaan kita! Jangan banyak alasan untuk memulai menghargai. Dan sekali lagi, bukanlah harta dan tahta yang bisa membuat orang lain menghargai kita. Tetapi sifat & sikap kitalah yang bisa mebuat orang lain menghargai kita. 

Rasulullah menjelaskan:
“Tidak termasuk golongan umatku orang yang tidak menghormati mereka yang lebih tua dan tidak mengasihi mereka yang lebih muda darinya, serta tidak mengetahui hak-hak orang berilmu.” (HR. Ahmad).

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, semoga ketikkan ini bermanfaat bagi kita semua :)

0 komentar: