Header Ads

ad

Jangan Ajarkan Kami Berbohong!



Berbohong memang sesuatu yang mudah dilakukan tetapi mengandung resiko besar. Bohong ibarat zat adiktif yang jika kita sekali melakukannya, maka kita akan terus menerus melakukannya (kecanduan). :D Banyak orang berbohong demi mencari aman, ketenangan, menutupi masalah, membuat simple masalah, menyenangkan hati orang, dan lain sebagainya dengan alasan tertentu. Namun itu semua adalah SALAH BESAR! Sekecil apapun bohong akan berdampak besar terhadap kepercayaan orang lain kepada kita.

Berbohong hanya akan membuat ketenangan sesaat, yang jika tidak segera diselesaikan akan menimbulkan kegelisahan seumur hidup. Banyak hal yang dirugikan dari berbohong, salah satunya kita akan kehilangan kepercayaan. Baik kepercayaan orang lain terhadap kita maupun kepercayaan kita kepada orang lain yang melakukan kebohongan terhadap kita. 

Sejak kecil kita memang dididik orangtua kita untuk menjadi pribadi yang baik dan benar. Menjadi pribadi yang jujur dan berani, tetapi perlahan seiring berjalannya waktu, tanpa disadari oleh kita dan orang tua kita, kita terkadang dibodohi mereka hanya untuk menyelesaikan masalah. Sebagai contoh: ketika kita hendak menginginkan sesuatu yg ingin kita miliki, orangtua selalu menolak dan berlindung dibalik kalimat "Jangan, pedagang itu penjahat (penculik), nanti kamu kena culik Nak", "Jangan, dagangannya gak enak, Nak", "Barangnya jelek Nak, nanti (kapan-kapan) papa/mama belikan yang lebih bagus", ataupun alasan lainnya. Tidak semestinya orangtua memberikan penjelasan seperti itu, apalagi dengan membohongi tanpa dasar kebenaran yang hanya akan mendekatkan mereka kepada Suudzon. Meskipun tidak semua orangtua seperti itu.

Contoh kecil lain adalah ketika menilai penampilan si anak. Ketika kita (anak) melakukan suatu pekerjaan hingga dia menampilkannya di depan orangtua, mereka (orangtua) terkadang memuji pekerjaan anak itu walaupun cara pengerjaannya salah atau kurang baik. Hal ini akan membuat dilema bagi si anak. Disisi lain dia akan mendapatkan krisis kepercayaan diri ketika dia diremehkan, disisi lain dia akan merasa tinggi hati dengan apa yang dilakukan meskipun apa yang dilakukannya tidak disukai orang lain ataupun salah dalam pengerjaannya.

Jujur memang menyakitkan, tetapi itu cara terbaik dalam menyelesaikan dan menyikapi permasalahan. Karena dengan berbohong hanya akan menambah rumit permasalahan. Dan satu hal, orang yang mau menerima kritikan walaupun itu pedaspahit berarti dia mau belajar menuju yang lebih baik.

Semoga bermanfaat

No comments